Home » News » SMF Membantu Pendanaan FLPP ke BTN, sebesar 1 T

SMF Membantu Pendanaan FLPP ke BTN, sebesar 1 T

Monday, September 16th 2013. | News
SMF atau PT Sarana Multigriya Finansial SMF Membantu Pendanaan FLPP ke BTN, sebesar 1 T

PT Sarana Multigriya Finansial

PT Sarana Multigriya Finansial disingkat SMF membantu pendanaan sekunder sebesar 1 T ke PT Bank Tabungan Negara disingkat BTN untuk KPR lewat skim Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan disingkat FLPP.

Melalui BTN, kami memberikan dana KPR FLPP, 1 T” seperti dikatakan oleh Direktur Utama SMF yakni Rahardjo Susanto, Bogor, Jumat (23 november 2012).

Rahardjo menjelaskan bahwa Nota kesepakatan (MoU) telah ditandatanggani SMF dengan 3 bank pembangunan daerah yakni BPD Sumut, BPD Riau, dan BPD Sumsel, MoU tersebut untuk KPR FLPP dalam rangka mendukung pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mengakses rumah yang terjangkau.

Namun menurut Raharjo MoU tersebut penandatanganan tahun lalu sedangkan kelanjutan dan rincian biaya belum ditetapkan. Model penyaluran KPR difokuskan dengan mekanisme refinancing, selain itu juga KPR sejahtera sebagai alternative pendanaan bank.

“Dana pembiayaan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, sebesar 70 % dari pemerintah, sedangkan dari bank 30 %. Tenor Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan jangka panjang hingga 20 tahun, maka dibutuhkan dana pembiayaan dalam waktu jangka panjang, sedangkan bank hanya punya dana untuk jangka pendek. Maka, menjadi ideal jika bank mau mengambil dana dari SMF,” seperti dijelaskan Rahardjo. (Roy)

Silahkan Beri Komentar :