Home » Tips » Membangun Carport Modern Dilahan Sempit

Membangun Carport Modern Dilahan Sempit

Thursday, October 31st 2013. | Tips
Carport Modern Di Lahan Sempit Membangun Carport Modern Dilahan Sempit

Contoh Carport Modern Di Lahan Sempit

Janganlah berkecil hati jika hanya memiliki lahan sempit di rumah, Membangun Carport Modern Dirumah yang hanya Berlahan Sempit tetap bisa dilakukan. CARPORT bisa jadi pilihan untuk pemilik rumah dengan keterbatasan lahan yang ada. Untuk dapat membangunnya, perlu perencanaan yang matang karena tempat parkir mobil tersebut dapat memberikan nilai estetika hunian secara keseluruhan dibandingkan dengan garasi.

Sebagian besar unsur pada carport hanyalah ada atap dengan menggunakan empat tiang penyangga. inilah cara Membangun Carport Modern, Cara ini adalah model paling sederhana dari struktur yang terbuka yang nantinya berfungsi sebagai pelindung untuk mobil melindungi dari hujan dan juga panas matahari. Di masa kejayaannya pada era 1950 dan era 1960-an, carport bukan hanya sekedar tempat parkir mobil, tapi juga digunakan untuk bermain pingpong, service radio, hingga digunakan untuk minum-minum di musim panas.

Kadang Di sini juga bisa dijadikan lokasi untuk pertemuan dengan tetangga, ruang  untuk pesta, dan tempat untuk berteduh. Seiring dengan berjalan waktu, desain pada carport klasik di daerah pinggiran kota yang sudah berkembang, carport dibikin lebih luas hingga akhirnya dapat menampung dua, tiga, bahkan sampai empat mobil, sekaligus bisa jadi tempat penyimpanan alat-alat untuk berkebun dan juga barang-barang bekas. Beberapa pada daerah di dunia bahkan ada mulai melarang pembangunan carport ini dilakukan untuk membantu  dalam meningkatkan harga jual pada perumahan.

Namun, Bagi beberapa desainer kontemporer tak mengindahkan akan hal tersebut. Kini pembuatan carport kembali marak dan juga lebih menarik, apakah itu sesuai dengan prinsip gaya hidup “hijau” yang sedang populer-populernya atau hanya sekedar model dan fleksibilitasnya yang lebih variatif. Sekarang, modernitas pada carport menambahkan juga elemen-elemen baru, misalnya carport dengan gaya desain retro, yang kadang-kadang berubah fungsinya sebagai pengganti garasi yang tradisional.

Apalagi, dengan membangun carport bisa mendukung dalam langkah penghijauan lingkungan dan juga penghematan terhadap energi. Dalam Mengemudi mobil mungkinlah bukan suatu pilihan gaya hidup yang ramah terhadap lingkungan, namun pembangunan carport jelas dapat memengaruhi kualitas pada udara yang baik dalam ruangan dibandingkan dengan pembangunan garasi.

Menurut penelitian di University of Alaska Fairbanks,Daerah Amerika Serikat, pada tahun 2005, rumah-rumah dengan garasi yang terbukti dapat meningkatkan tingkat toluene dan juga benzene, Yaitu gas yang berhubungan dengan polutan yang cukup berbahaya.

Berdasarkan dari hasil penelitian, masalah pada pencemaran lingkungan ini akan dapat semakin buruk pada musim panas. Para peneliti juga telah menemukan bahwa rumah dengan menggunakan carport atau garasi yang bentuknya terpisah tidak menemukan akan adanya kandungan tinggi toluene dan juga benzene di udara pada ruangannya, bahkan di waktu puncaknya musim panas.

Arsitek suami-istri, Yaitu Lawrence Scarpa dan Angela Brooks mengatakan mereka telah mendengar cukup informasi akan dampak dari pembuatan garasi, sehingga lebih memilih membangun sesuatu yang berbeda ketika merancang dan mendesain rumah di California.

Daripada untuk mendirikan garasi yang masih tradisional, mereka lebih suka merancang carport selebar 13 kaki dengan menggunakan kanopi yang berbingkai terbuat baja. Mereka juga telah menambahkan sebuah tempat untuk pengisian bahan bakar mobil listriknya serta modul photovoltaic atau panel surya ke dalam atap carport miliknya.

Carport
saat ini juga banyak dipilih karena variasi dan juga modelnya kian banyak. Dilihat Dari perspektif seorang desainer, beberapa elemen yang ada pada carport akan sulit untuk diimplementasikan pada garasi.

“Amat sulit memperindah atau mempercantik sebuah garasi,” kata Susan Appleton, arsitek yang berbasis di Dallas. “Dari sisi desain, jika garasi terlihat berat, maka carport tampak lebih ringan,” Katanyanya, seperti dikutip pada laman MSN Real Estate.

Seorang Arsitek Christopher Gosch, pemilik  dari Bark Design di Wisconsin mengatakan, perbedaan antara carport dengan garasi terkait dengan emosional. “Sebuah pintu garasi seperti kosong, tidak mengundang orang untuk masuk. Sementara carport berbeda, jauh lebih ramah, mengundang, dan menarik,” Kata dia.

Carport itu sendiri amatlah penting bagi integritas sebuah rumah dan dibangun dengan arah menjorok keluar di bagian depan rumah dengan ditempatkan kamar tidur tamu pada atasnya. “Carport benar-benar berfungsi dengan baik ketika area ini digabungkan sebagai bagian dari keseluruhan desain rumah,” Ujar Gosch. (chy)

Silahkan Beri Komentar :