Home » Desain Interior » Interior Rumah Bergaya Etnik

Interior Rumah Bergaya Etnik

Wednesday, July 17th 2013. | Desain Interior

Interior Rumah etnik Interior Rumah Bergaya Etnik

Interior Rumah bergaya etnik tidaklah selalu juga identik dengan sesuatu yang berat, penuh isi dengan ukiran-ukiran, ataupun serba antik. Melalui cara penataan, serta pada pemilihan pernik yang cukup pas, kesan etnik akan tetap bisa anda ditampilkan.

Meja dan juga credenza yang terbuat dari kayu solid yang akan menampilkan keindahan tekstur serta pada gurat kayunya mampu untuk menghidupkan suasana hangat pada ruangan. Anda juga bisa melengkapinya dengan elemen-elemen dekorasi yang bernuansa etnik, seperti pada pigura kaca, memberi vas bunga, dan juga artwork unik yang berasal dari daerah tertentu.

“Secara harfiah, etnik berarti suku bangsa. Karenanya, gaya etnik biasanya diambil dari kebudayaan dan ciri khas daerah tertentu. Kelebihan gaya ini adalah mampu memberikan kesan hangat dan tidak membosankan jika diterapkan pada satu ruangan,” kata seorang arsitek yaitu Denny Setiawan.

Biasanya interior yang mampu menerapkan gaya yang etnik mempunyai komponen yang cukup banyak mengusung ukiran-ukiran atau memakai elemen-elemen yang asalnya dari alam. Demikian pula dengan furnitur yang ada, pilihan tepatnya masih berkisar pada material kayu ataupun menggunakan bambu. Furnitur yang berukir yang berasal dari Jepara, daerah gebyok dari Kudus, bench kayu, dan tempat tidur yang memiliki ukiran masih menjadi pilihan yang tepat banyak orang.

“Biasanya furnitur kayu bergaya etnik terbuat dari jenis kayu solid. Sementara aksen batik bisa lebih ditonjolkan melalui penggunaan sarung bantal sebagai tambahan tampilan furnitur,” Kata¬† Denny.

Kamar mandi bisa juga Anda tata dengan gaya yang etnik. Seperti di area untuk rias atau powderroom, Anda dapat meletakkan meja dari kayu solid dengan menggunakan paduan cermin yang memiliki desain vintage dari bahan yang sama.

“Intinya, saat ingin menata ruangan agar lebih berkesan etnik, pusatkan perhatian pada salah satu bidang atau sudut yang ingin ditonjolkan atau bisa juga dengan cara menempatkan beberapa pernak-pernik etnik di sudut tertentu,” ujar Denny.

Apalagi bila saja sedang adanya momen tertentu, pastilah Anda sangat membutuhkan ruangan yang hangat dan juga lebih akrab. Aplikasi dalam sentuhan etnik di dalam ruangan bisa pula dicerminkan dengan cara pemberian aksen sederhana yaitu menggunakan selembar kain batik.

“Tempatkan kain batik sebagai hiasan sofa.Kain batik juga bisa digunakan sebagai table runner dan sarung bantal kursi,” lanjut kata Denny. Jadi, apakah sekarang anda tertarik mengaplikasikan elemen etnik pada ruangan? (chy)

Silahkan Beri Komentar :