Home » News » Developer Depok diwajibkan mempersiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU)

Developer Depok diwajibkan mempersiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU)

Saturday, January 4th 2014. | News
Developer Depok Developer Depok diwajibkan mempersiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU)

Ilustrasi gambar Developer

Komisi A DPRD mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah tentang fasilitas social dan fasilitas umum. Salah satu yang dibahas adalah setiap pengembang diwajibkan untuk mempersiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) sebesar 2 % dari seluruh luas lahan.

Hal ini menjadi agenda pembahasan dikarenakan warga perumahan kesulitan ketika akan memakamkan keluarga yang meninggal, sedangkan jarak pemakaman umum jauh dan bergabung dengan warga pada umumnya.

Realita yang ada sedikit sekali pengembang atau Developer Depok yang mempersiapkan TPU, maka konsekuensinya masyarakat terlimpahkan ke TPU umum yang dijadikan pilihan. Maka jika perda jadi, pengembang yang tidak mempersiapkan 2 persen lahannya akan dikenai sanksi. Hal ini seperti dijelaskan oleh Ketua Komisi A DPRD Depok Edo Sihol, di Depok.

Selain TPU permasalahan fasos dan fasum hanya sekitar 20 persen pengembang yang menyediakan, maka ketika perda ini jadi akan diberlakukan pada semua pengembang baik yang lama maupun pengembang yang baru.

Lebih lanjut fasos dan fasum oleh pemilik ruko sering disewakan. hal ini tidak jadi masalah asal pengelolaannya professional dan hasil keuntungan masuk ke kas daerah dan dikelola oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset (DPPKA).

Seperdi dijelaskna Edo Sihol, Banyak dari pengembang yang sudah terlanjur kabur. Hal Inil yang selanjutnya mau diatur. Kedepan Nantinya Akan tertibkan masalah fasos fasum tersebut. (Roy)

Silahkan Beri Komentar :